Apa Itu FAT, FAT 32 dan NTFS?

Apa Itu FAT, FAT 32 dan NTFS?

Pengertian File System FAT

Para pengguna windows tentu tidak asing lagi dengan istilah file system FAT. FAT sendiri adalah singkatan dari File Allocation Table atau tabel alokasi berkas yang artinya aalah sebuah sistem berkas paa komputer yang menggunakan struktur tabel alokasi berkas sebagai cara beroperasi pada file tersebut.

Sejarah File Sistem FAT

FAT sendiri dikembangkan oleh Bill Gates (Pendiri Microsoft) dan Marc McDonald pada tahun 1976. Kemudian dikenalkan oleh Ms-DOS pada tahun 1981. FAT sekarang banyak digunakan secara luas dalam sistem komputer dan kartu-kartu memori yang digunakan dalam kamera digital dan pemutar media portable.

sistem berkas FAT banyak digunakan oleh oleh sistem operasi MS-DOS, Windows (hampir semua versi Windows, GNU/Linux, dan masih banyak sistem operasi lainnya yang juga mendukung, termasuk Macintosh Mac OS/X.

File System FAT32

File System FAT32 pertama kali dikenalkan pada tahun 1995. File system jenis ini adalah jenis dari file sistem yang paling banyak digunakan paa saat itu. FAT 32 dirilis untuk menyempurnakan file sistem dengan format FAT 16. FAT32 mempunyai kemampuan yang sudah terbukti sehingga hampir semua perangkat dapat mendukung file sistem ini.

Kelebihan File System FAT32

File System FAT32 telah didukung oleh hampir semua sistem operasi yang ada di seluruh dunia, mulai dari sistem operasi keluarga windows, linux bahkan mac OS. Format FAT32 merupakan format standart untuk partisi flashdisk dan SD Card.
Kelemahan File System FAT32

Kekurangan File system FAT32 adalah FAT32 hanya mampu menyimpan file tunggal hingga 4 Gb dan terbatas untuk partisi hingga 8TB. Selain itu file system FAT32 juga sangat rentan terhadap serangan virus karena tidak adanya fitur file permission.

Pengertian File System NTFS

NTFS atau New Technology File System adalah sebuah siste berkas yang dikembangkan oleh microsoft untuk dimasukan kedalam kumpulan sistem operasi windows NT.  Kumpulan Windows tersebut meliputi: Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista dan Windows 7. File sistem NTFS memiliki desain yang sangat sederhanaakan tetapi memiliki kemampuan yang sangat baik dibandingkan sistem file FAT.

NTFS menawarkan beberapa fitur unggulan yang sangat dibutuhkan dalam lingkungan yang terdistribusi seperti halnya pengaturan akses dimana sistem dapat membatasi siapa saja yang berhak mengakses berkas atau direktory, Penetapan Kuota dimana sistem dapat menentukan berapa banyak dapat menggunakan kapasitas hardisk, juga fitur enkripsi dan toleransi terhadap kesalahan (fault tolerance)

Kelebihan File System NTFSNTFS menyempurkan file sistem dari format sebelumnya yaitu dilengkapi dengan ukuran partisi yang lebih besar selain itu ada penambahan fitur yang cukup berguna yaitu file permission yang berfungsi sebagai sistem keamanan partisi pada hardisk, fungsi recovery, disk quota limit dan masih banyak fitur lainnya yang sangat berguna untuk pembuatan partisi.
Kekurangan File System NTFSKekurangan format file system jenis ini adalah terletak pada sistem operasi dan support terhadap perangkat. Tidak semua sistem operasi yang ada bisa membaca file system dengan format ini, seperti halnya sistem operasi MAc juga belum bisa membaca file NTFS. Kemudian banya perangkat elektronik selain komputer yang juga belum mendukung file sistem NTFS seperti TV, MP3 Player, DVD Player dan Kamera.

Sumber : http://www.teorikomputer.com/

Close Menu
X