8 Cara Mengambil Screenshot di Komputer Mac

8 Cara Mengambil Screenshot di Komputer Mac

Screenshot atau membuat rekaman gambar dari aktivitas di layar adalah salah satu fitur dasar dari penggunaan komputer. Fitur ini biasa digunakan untuk menunjukkan sebuah bagian yang ingin kamu jelaskan pada pengguna lain atau mungkin tampilan yang tidak bisa kamu simpan dengan cara biasa. Di artikel ini tim MakeMac akan menjelaskan beberapa cara membuat screenshot di komputer Mac. Simak langsung ya!

1. MENGAMBIL SCREENSHOT SELURUH PERMUKAAN LAYAR

  1. Tekan tombol Shift + Command + 3
  2. Cari hasil screenshot di Desktop dengan nama Screen Shot diikuti tanggal dan waktu. Formatnya adalan dokumen gambar .png.

2. MENGAMBIL SCREENSHOT DI BAGIAN PILIHAN

Fitur ini berfungsi untuk kamu yang ingin membuat gambar screenshot pada bagian tertentu saja, bukan semua permukaan layar. Berikut ini panduannya:

  1. Tekan tombol Shift + Command + 4. Ikon panah (pointer) akan beralih menjadi tanda crosshair atau garis + dengan lingkaran pada bagian dalam.
  2. Tekan dan tahan klik kiri mouse untuk memulai seleksi bagian layar yang akan dibuat menjadi screenshot. Setelah cukup, silakan lepas dan hasil screenshot akan tampil di Desktop.

3. MENGAMBIL SCREENSHOT SATU JENDELA APLIKASI

Tutorial ini berlaku untuk kamu yang ingin mengambil screenshot dengan seleksi berupa satu jendela aplikasi, tanpa perlu repot menempatkan jendela screenshot seperti pada tutorial sebelumnya. Tidak sekedar lebih otomatis, fitur ini bahkan langsung memberikan efek shadow dari gambar screenshot yang kamu buat. Berikut ini panduannya:

  1. Tekan tombol Shift + Command + 4. Ikon panah (pointer) akan beralih menjadi tanda crosshair. Setelah itu tekan tombol Space untuk mengubahnya menjadi gambar kamera.
  2. Tempatkan ikon kamera ini di jendela aplikasi atau dokumen yang ingin kamu jadikan screenshot.
  3. Tekan klik kiri di mouse atau trackpad untuk mengambil gambar screenshot dan hasilnya otomatis tampil di Desktop.

4. SIMPAN SCREENSHOT DI CLIPBOARD

Jika semua cara di atas akan membuat dokumen screenshot kamu tampil di Desktop, gunakan saja mode screenshot namun tersimpan di Clipboard. Dengan cara ini kamu bisa langsung paste dokumen screenshot ke tempat yang diperlukan seperti aplikasi edit gambar atau mungkin di aplikasi chat. Berikut penjelasannya:

  • Control + Shift + Command + 3 untuk screenshot seluruh layar dan simpan di clipboard. Gunakan shortcut cmd + v di aplikasi edit gambar atau aplikasi chat (iMessage misalnya) untuk paste gambar yang kamu simpan di clipboard.
  • Control + Shift + Command + 5 untuk screenshot bagian terpilih di layar yang kamu lakukan dan simpan di clipboard. Gunakan shortcut cmd + v untuk paste.

5. SCREENSHOT DENGAN TIMER

Kamu bisa mengambil screenshot dengan timer atau waktu hitung mundur secara otomatis. Contoh penggunaan fitur ini adalah membuat sebuah tutorial atau tampilan web yang hanya bisa direkam setelah kamu menekan bagian tertentu Berikut ini panduannya:

  1. Buka aplikasi Grab dari Application – Utilities – Grab.
  2. Di menu bar pilih Caputre – Timed Screen atau shortcut Command + Shift + Z.
  3. Tekan tombol Start Timer untuk hitung mundur dari waktu pengambila screenshot.
  4. Hasil gambarnya akan tampil sebagai jendela foto baru dan tidak otomatis tersimpan di Desktop, silakan simpan sesuai kebutuhan.

6. SCREENSHOT TOUCH BAR

Bagi kamu pengguna MacBook Pro Touch Bar dan sudah menggunakan macOS Sierra 10.12.2, silakan simak panduan berikut untuk mengambil screenshot dari layar Touch Bar:

  1. Tekan shortcut Shift + Command + 6.
  2. Dokumen screenshot dari tampilan Touch Bar dapat kamu temukan di Dekstop.

GUNAKAN APLIKASI PIHAK KETIGA

Tidak puas dengan beberapa cara bawaan dari Apple untuk membuat screenshot? Silakan gunakan aplikasi pihak ketiga berikut ini ya.

7. SCREENSHOT DENGAN DROPLR

Droplr adalah salah satu layanan berbagi dokumen screenshot dengan fitur yang lengkap dan mudah. Selain screenshot dalam bentuk gambar, kamu juga bisa membuat video screen recording untuk merekam sebagian atau seluruh aktifitas layar sesuai kebutuhan. Droplr juga punya mode unggah dokumen secara otomatis, shortcut lengkap dan mudah diakses serta mode anotasi.

Layanan Droplr dapat kamu coba secara gratis dengan jumlah penggunaan minimal. Jika sudah betah menggunakan layanan Droplr, silakan update ke mode Pro atau Business dengan sistem langganan bulanan. Informasi lengkap mengenai Droplr dapat kamu baca pada laman berikut ini.

8. GUNAKAN APLIKASI SCREENSHOT PSD

Sesuai dengan namanya, Screenshot PSD berguna untuk membuat screenshot dari layar komputer Mac dengan hasil dokumen gambar PSD alias Photoshop. Tidak sekedar mengguanakan format PSD, namun gambar screenshot yang kamu dapatkan juga berupa beberapa layer gambar sesuai dengan tampilan yang kamu bukan.

Bahkan saat tim MakeMac mencoba, Screenshot PSD bisa mendeteksi jendela aplikasi yang saya buka di belakang tampilan utama. Misalkan sebuah tab Safari lain atau bahkan wallpaper yang saya gunakan. Dengan cara ini kamu bisa membuat komposisi screenshot dengan lebih mudah atau mungkin mengambil detail kecil yang dibutuhkan tanpa perlu repot. Sebagai catatan tambahan, hasil gambar dari Screenshot PSD berukuran cukup besar dan sebaiknya kamu rapikan dalam sebuah folder ya supaya mudah dihapus saat tidak lagi digunakan.

“custombox2”

PUNYA TIPS LAIN?

Dari 6 cara di atas, mana saja yang paling sering kamu gunakan? Saya pribadi biasa menggunakan fitur screenshot satu jendela aplikasi dan juga aplikasi Screenshot PSD. Bagaimana dengan kamu? Bagikan di kolom komentar ya!

Sumber : MakeMac

Penulis : Bagus Hermawan

Close Menu
X